Manfaat Briket Arang Bagi Lapisan Ozon dan Atmosfer Bumi

Saat ini briket arang banyak dibuat dan dipasarkan. Hal ini karena manfaat briket arang yang begitu banyak bagi lingkungan ataupun bagi kita. Pembuatan briket ini sendiri sangatlah mudah dan kebanyakan menggunakan mesin briket arang agar hasilnya berkualitas dan rapi.

 

Manfaat Briket Arang

March 2021

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa manfaat briket arang untuk lingkungan sangatlah baik. Berikut ini beberapa manfaat briket arang bagi keberlangsungan alam.

1. Energi Terbarukan

Karena bahan baku pembuatan briket berasal dari alam dan masih lestari hingga saat ini, briket arang disebut sebut sebagai energi terbarukan.

Hal ini juga karena briket memanfaatkan sumber daya yang tiada habisnya seperti kayu, sekam, sabut kelapa, dan lain lain.

2. Biomassa

Biomassa merupakan jenis energi yang terbarukan dan mengacu pada bahan bahan biologis yang berasal dari organisme maupun mikro organisme hidup. Salah satu contoh biomassa adalah tempurung kelapa.

Tempurung kelapa diubah menjadi briket yang mana memanfaatkan kulit/tempurung kelapa yang kebanyakan hanya dibakar begitu saja.

3. Panas Maksimum

Tiket panas yang dihasilkan briket dapat mencapai 7000 Kal. Dan suhu/tingkat panas ini masih dicekal oleh briket arang tempurung kelapa.

Panas ini melebihi panas yang dihasilkan briket batubara yang mana bahan bakunya harus menambang terlebih dahulu.

4. Tak Beracun

Keamanan dari briket sudah tidak diragukan lagi. Hal ini kenapa bisa terjadi? Briket arang dibuat dengan membutuhkan bahan bahan alami alam seperti bahan baku yang harus dibakar terlebih dahulu, tepung kanji, dan air saja.

Hal ini membuat briket arang sangatlah aman untuk digunakan dari potensi racun yang menyebar dari asap.

5. Tak Berasap

Berbeda dari bahan bakar yang umumnya digunakan, briket tidak mengeluarkan asap yang tebal atau bahkan tidak terlihat. Hal ini akan sangat berguna bagi kelangsungan dan tidak tercemarnya udara di lingkungan sekitar rumah.

Selain itu, asap yang tebal dapat membuat sesaknya pernafasan bahkan kematian. Jadi disarankan menggunakan briket arang agar lebih aman dari polusi udara yang mengganggu.

6. Go Green

Briket disebut sebagai energi yang ramah lingkungan. Kenapa? Briket tidak berasap, tidak beracun, biomassa, terbarukan, panasnya pun bisa maksimum.

Jadi briket arang sangat dianjurkan untuk menggantikan bahan bakar yang dapat mencemari udara yang akan membuat lapisan atmosfer menjadi menipis.

7. Pengganti Batubara

Dibandingkan dengan batubara yang untuk mendapatkannya pun memerlukan kegiatan pertambangan, briket arang dapat menjadi energi alternatif.

Eksplorasi batubara yang berlebihan dapat mengancam alam seperti kelongsoran, menipisnya sumber daya, dan batubara yang mengandung racun apabila asapnya dihirup. Hal ini tentunya akan mencemaskan bagi lapisan masyarakat yang menggunakannya.  

Penerapan energi alami briket ini dapat dilakukan oleh pihak stasiun kereta api, restaurant, dan semua lapisan yang membutuhkan pembakaran tingkat tinggi.

8. Waktu Pembakaran

Dilihat dari segi waktu lama pembakaran, briket dapat menjadi alternatif bagi anda yang membutuhkan tingkat panas yang tinggi dan lama.

Briket arang dapat bertahan hingga 3 jam saat dibakar. Hal ini tentu akan menjadi energi alternatif yang efektif dan efisien.

9. Alternatif Pengganti Kompor Gas

Gas alam merupakan sumber bahan bakar yang digunakan oleh kompor gas. Hal ini akan merusak lapisan ozon dan atmosfer bumi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Seiring perkembangan waktu, banyak ahli/ilmuwan yang meneliti dan membuktikan bahwa briket arang dapat dijadikan alternatif. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pencemaran lingkungan terutama untuk lapisan ozon dan atmosfer bumi yang mulai menipis dimakan waktu.