Kenali Lebih Awal Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling didiagnosa pada pria kedua di dunia. Tingkat kematiannya juga relatif tinggi. Salah satunya karena gejala kanker prostat kerap kali sulit disadari pada stadium awal. Apa saja sebenarnya gejala kanker prostat tersebut? Mengutip dari laman deherba.com, berikut adalah informasinya untuk Anda.

Di dunia medis, kanker prostat memang termasuk jenis kanker yang sulit dikenali sejak dini. Gejala yang muncul acapkali samar dan sulit untuk disadari oleh penderitanya. Bahkan sejumlah dokter masih kerap tidak mengenali adanya kanker pada stadium awal.

Padahal pada stadium awal, potensi kesembuhan masih di atas 85%. Artinya semakin dini kanker prostat dikenali, semakin besar kemungkinan pasien untuk sembuh. Sulitnya mengenali gejala kanker prostat ini menjadi alasan mengapa sangat disarankan untuk pria di usia lanjut menjalankan pemeriksaaan rutin pada level PSA dalam darah dan prostat mereka.

gejala kanker prostat

Level PSA ini adalah level Prostat Spesific Antigen  ini dapat dikatakan sebagai tanda pengenal akan munculnya sel-sel abnormal yang mengarah pada pra kanker dan kanker di dalam sel  prostat. Ketika terjadi perkembangan kanker pada prostat, PSA level dalam darah otomatis akan meningkat.

Pemeriksaan rutin ini dapat menjadi indikator cukup relevan untuk memindai keberadaan kanker prostat. Level PSA biasanya dilakukan dengan pemeriksaan darah. Bersamaan dengan itu, akan dilakukan pemeriksaan fisik berupa memasukan jari ke dalam rektum untuk melakukan pengecekan fisik bentuk dan ukuran prostat. Cara ini biasanya dilakukan hanya pada kasus yang dicurigai.

Meski pakar beranggapan gejala kanker prostat memang sulit dikenali pada stadium awal. Tetapi Anda tetap perlu mengenali apa saja sebenarnya gejala kanker prostat untuk membantu Anda lebih waspada akan setiap gejala yang mungkin muncul. Adapun gejala kanker prostat sebagaimana dijelaskan dalam deherba.com adalah sebagai berikut.

Gangguan Ereksi

Karena produksi semen yang tidak berjalan baik, jumlah semen yang tidak memadai, maka pasien mungkin akan mengalami gangguan saat ereksi. Jumlah semen tidak sebanyak biasanya, semen akan tampak lebih cair atau lebih kental dari seharusnya. Proses keluarnya semen juga mungkin tampak tidak lancar.

Pada stadium lebih lanjut, gangguan prostat dapat memicu pasien sulit untuk mengalami ereksi. Ini karena prostat yang membesar mengganggu fungsi saraf dan fungsi sirkulasi darah pada penis. Bahkan kadang kerusakan pada prostat akibat kanker turut merusak fungsi saraf di sekitarnya.

Semen tampak mengandung darah

Peradangan dan kerusakan sel yang berkembang pada prostat akibat perkembangan kanker menyebabkan muncul gejala kanker prostat yang khas. Yakni munculnya kandungan darah dalam cairan semen.

Darah yang keluar akibat peradangan bercampur dalam semen yang diproduksi oleh prostat. Hingga cairan semen tampak kemerahan atau jingga  samar. Beberapa pasien mengeluhkan semen yang tampak lebih keruh. Kadang aroma dari semen juga akan cenderung amis seperti aroma darah.

Sulit untuk BAK

Beberapa pasien dapat menunjukan gejala awal kanker prostat berupa seringnya mereka anyang anyangan. Ini adalah kondisi ketika kita seperti terus menerus merasakan dorongan untuk Buang Air Kecil (BAK) dan seperti ada cairan kencing yang tidak kunjung keluar.

Pembesaran prostat akan mengganggu kelancaran pasien untuk mengeluarkan cairan kencing. Hingga cairan kencing tertahan sebagian dalam saluran kencing. Kadang peradangan dan kerusakan karena kanker juga menyebar hingga saluran kencing. pembesaran prostat menekan hingga menyebabkan rasa nyeri saat melakukan BAK.

Rasa nyeri pada pinggul dan panggul

Perkembangan prostat yang mengalami peradangan dan kerusakan jaringan akan menyebabkan pasien kerap merasakan nyeri di area panggul dan pinggul. Rasa nyeri di area selangka karena di sana titik utama dimana prostat mengalami kerusakan.

 

Masih membutuhkan lebih banyak informasi seputar kanker prostat, gejala kanker prostat dan solusi pengobatannya? Temukan informasi seputar kanker prostat pada laman herbal dan kesehatan deherba.com.